Kabupaten Bener Meriah

From Wiki Aswaja NU
Share/Save/Bookmark
Jump to: navigation, search

Contents

Geografis

Kabupaten Bener Meriah merupakan Kabupaten termuda dalam wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Tengah, Berdasarkan undang- undang No. 41 tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bener Meriah di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri tanggal 7 Januari 2004 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Tengah, dengan batas-batas :

-Sebelah Utara dengan Kabupaten Aceh Bireuen.

-Sebelah Selatan dengan Kabupaten Aceh Tengah.

-Sebelah Timur dengan Kabupaten Aceh Timur.

-Sebelah Barat dengan Kabupaten Aceh Tengah

Kabupaten Bener Meriah ditinjau dari letak geografis berada pada posisi 40.33,50 - 40.54.50 Lintang Utara 960,4075 - 970,1750 Bujur Timur dengan ketinggian rata-rata 1.000 s/d 2.500 m diatas permukaan laut, suhu rata-rata antara 20 derajat celcius. Beriklim tropis dengan dua musim kemarau pada bulan Maret s/d Agustus dan musim penghujan dari bulan September s/d Februari.


Demografi

Jumlah penduduk kabupaten Bener Meriah mengalami peningkatan dari tahun 2003 sebesar 106.549 jiwa menjadi 118.660 jiwa pada tahun 2007 dan pada akhir Desember 2010 berjumlah menjadi 149.234 jiwa. Demikian juga dengan tingkat kepadatan penduduk dari 72 jiwa/km2 pada tahun 2003 menjadi 63 jiwa/km2 pada tahun 2007. Meskipun demikian, kepadatan penduduk masih tergolong rendah dibanding kepadatan penduduk dikabupaten lain di Indonesia. Bahkan bila dilihat per kecamatan, terjadi ketimpangan kepadatan penduduk yang cukup besar. Misalnya saja pada kecamatan Wih Pesam tingkat kepadatan penduduk sebesar 422 jiwa/km2, sementara pada kecamatan Syiah Utama kepadatan penduduk hanya sebesar 4 jiwa/km2.


Kopi Gayo

Kopi Gayo Arabika asal Kabupaten ini sudah lama dikenal oleh kalangan pengusaha kopi baik itu tingkat Regional, Nasional dan Manca Negara. Sehingga importir dari dalam dan luar negeri secara berkala sering berkunjung ke Kabupaten ini. Di samping kopi arabika, robusta juga telah mempunyai nama yang cukup baik terutama di kalangan pedagang lokal. Jenis kopi ini biasanya di proses untuk di jadikan kopi bubuk dengan aroma dan rasa yang khas.

Di Kabupaten ini telah ada dua perusahaan kopi luar negeri yang menanamkan modalnya, seperti Holland Coffee Bv. perusahaan kopi dari negeri Belanda, PT. Indocafco perusahaan kopi dari Swiss Amerika serikat dan sementara ini perusahaan kopi Aceh Coffee Company dari New Zealand sedang menjajaki untuk pengembangan perusahaannya di Kabupaten ini.

Selain perusahaan kopi luar negeri tersebut, di Bener Meriah juga terdapat Perusahaan Daerah Genap Mupakat, saat ini PD. Geunap Mupakat memproses biji kopi Arabika untuk menjadi komoditi eksport dengan kualitas terjamin, yang mampu memenuhi pasar Eropa, Amerika dan Jepang.


Potensi

Luas wilayah kabupaten ini adalah sebesar 1.454 km 2. Kabupaten ini terdiri dari: 7 kecamatan, 14 mukim, dan 115 desa.

Daerah ini sangat potensial di bidang perkebunan kopi. Hal ini dibuktikan dengan luas lahan perkebunan kopi di daerah ini seluas 28.068,45 Ha dengan jumlah produksi sebanyak 13.287,30 ton. Selanjutnya, potensi yang sudah dikembangkan di daerah ini adalah perkebunan kemiri, kakao, dan lada. Kabupaten Bener Meriah ditinjau dari zona wilayahnya dan dibagi atas dua zona dengan kesuburan tanah yang merata hampir disetiap kecamatan. Alam Kabupaten Bener Meriah dikategorikan sangat subur dengan jenis tanah podjolik yang sangat baik untuk tempat pengembangan tanaman pertanian. Hampir semua kawasan di Bener Meriah didominasi dengan oleh jenis tanah Podzolik ini.

Sehingga upaya pengembangan sektor pertanian dan perkebunan dengan penanaman tanaman holtikultura seperti wortel, tomat, Cabai, jagung, kol dan lain-lain, serta tanaman keras seperti kopi, kelapa sawit, karet, coklat dan teh akan mudah dilakukan karena adanya daya dukung tanah yang subur dan memadai.

Pariwisata Wisata Alam/Sejarah Kolam Pemancingan Air Panas, Air Terjun Bidin, Lut Kucak, Makam Datu Beru, tugu Radio Rimba Raya, Wisata Gunung Hiking Gunung Burni Telong, Hiking Gunung Geuredong

Bener Meriah, karena kondisi alamnya yang subur, menjadi pusat penghasil komoditas pertanian yang sangat baik, terutama untuk tanaman holtikultura seperti Cabai dan Tomat. Selain itu Bener Meriah dikenal juga sebagai penghasil kopi Arabika terbesar di Aceh. Jangkauan pemasarannya bukan saja didalam wilayah Aceh dan Indonesia,tetapi sudah menjangkau banyak negara termasuk Amerika Serikat. Namun sayangnya semua komoditas yang dihasilkan masih dijual dan diperdagangkan dalam bentuk raw. Sehingga industri pemerosesan menjadi pilihan usaha menarik di Bener Meriah.


Wilayah Kabupaten Bener Meriah


Pesantren

Pesantren di Kabupaten Bener Meriah


Pengurus Nahdlatul Ulama

PCNU Kabupaten Bener Meriah


Tokoh

Tokoh di Kabupaten Bener Meriah



Sumber : http://kopigayo.blogspot.com http://acehprov.go.id http://acehfair.acehprov.go.id http://www.pidii.org/

Personal tools
Namespaces

Variants
Actions
Navigation
Toolbox