Kabupaten Katingan

From Wiki Aswaja NU
Share/Save/Bookmark
Jump to: navigation, search

Contents

Geografis

Kabupaten Katingan secara geografis berada di daerah Katulistiwa, yaitu tertetak diantara 112° 0’BT – 0o20 LS dan 113° 45’ BT - 30° 30’ LS dan dialiri oleh sungai besar, yaitu Sungai Katingan dengan panjang + 650 km. Secara administratif batas wiLayah Kabupaten Katingan

Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Malawi Provinsi Kalimantan Barat

Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Gunung Mas, Kota Palangkaraya serta Kabupaten Pulang Pisau

Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Jawa

Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Kotawaringin Timur

Luas Wilayah berdasarkan Undang — Undang Nomor 5 Tahun 2002 Kabupaten Katingan ± 17.500 Km2.


Demografi

Berdasarkan dinas kependudukan dan capil pada akhir Desember 2008, jumlah penduduk Katingan tercatat sebesar 162.956 jiwa, dengan rincian 84.704 jiwa penduduk laki-laki dan 78.252 jiwa penduduk perempuan. Dengan luas wilayah Kabupaten Katingan sebesar 17.800 km2, maka rata-rata kepadatan penduduk setiap kilometer persegi adalah 9,15 jiwa. Sedangkan rata-ra pertumbuhan penduduk pertahun adalah sebesar 16,53%.


Sejarah

Katingan adalah sebuah nama aliran sungai yang membentang dari laut jawa kearah utara hingga mencapai perbatasan Katimantan Barat, sejak jaman belanda dan kemerdekaan hingga akhir tahun 1961, Katingan berstatus kewedanan Sampit Timur dengan ibu kota Kasongan.

Pada tanggat 8 Januari 1962 Gubernur KDH Tingkat I Katimantan Tengah Tjilik Riwut menetapkan nama Katingan berstatus sebagai daerah persiapan Kabupaten Katingan terhitung tanggat 1 Januari 1962, tanggal 24 April 1965 Gubernur KDH Tingkat I Kalimantan Tengah TJiLik Riwut menetapkan wilayah Katingan men jadi Kabupaten Administratif Katingan dengan Ibukota Kasongan, kemudian pada tahun 1979 dengan surat Mendagri Nomor : 04 tahun 1997 dirubah statusnya menjadi Pembantu Bupati.

Pada tanggat 31 Juli 2000 DPRD Tk. I Kalimantan Tengah menyetui untuk pemekaran Kabupaten I Kota Propinsi Katimantan Tengah sehingga pada tanggat 14 April 2002 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2002 tentang Pembentukan 8 (delapan) Kabupaten / Kota di Propinsi Kalimantan Tengah, sebagai tindak lanjut undang-undang tersebut maka pada tanggal 3 Junt 2002 dilakukan peresmian Kabupaten Pemekaran oleh Menteri Dalam Negeri di Jakarta. Pada tanggat 8 JuLi 2002 dilantik Bapak Drs. Duwel Rawing sebagai Penjabat Bupati Katingan oleh Gubernur Kalimantan Tengah Atas Nama Menteri Dalam Negeri di Patangka Raya.

Berdasarkan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada 21 Juni 2003, maka terpilih Drs. Duwel Rawing sebagai Bupati Katingan dan Yantengtie, SE sebagai wakil Bupati Katingan periode 2003-2008. Pada tanggal 9 Mei 2008 dilakukan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah periode 2008- 2013 dan terpilih Drs. Duwel Rawing sebagai Bupati Katingan dan H. Surya, SH sebagai Wakil Bupati.

Demikian secara singkat sejarah terbentuknya Kabupaten Katingan, tentunya perjuangan yang telah dilakukan tidak hanya sampai disini atau terbentuknya Katingan menjadi sebuah Kabupaten. Tetapi lebih dari ini, bagaimana Kabupaten yang diperjuangkan bertahun-tahun dapat sejajar dengan Kabupaten yang lain sehingga diperlukan pemikir handal serta pekerja keras agar dapat mengelola potensi yang ada secara baik untuk mewujudkan suatu kabupaten Katingan dengan semangat persatuan dan kesatuan sesuai motto Penyang Hinje Simpei.


Wilayah Kabupaten Katingan


Pesantren

Pesantren di Kabupaten Katingan


Pengurus Nahdlatul Ulama

PCNU Kabupaten Katingan


Tokoh

Tokoh di Kabupaten Katingan




Sumber :

http://www.katingankab.go.id

Personal tools
Namespaces

Variants
Actions
Navigation
Toolbox