Propinsi Sumatra Selatan

From Wiki Aswaja NU
Share/Save/Bookmark
Jump to: navigation, search

Contents

Geografi

Provinsi Sumatera Selatan terletak antar 1-4 derajat LS dan 102-104 derajat BT. Provinsi Sumatera Selatan dibentuk berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia N0. 3 Tahun 1950 pada tanggal 14 Agustus 1950.. Luas wilayah secara keseluruhan adalah 87.017 Km2( 8.701.742 Ha).

Batas wilayah Provinsi Sumatera Selatan adalah sebagai berikut :

• Utara berbatasan dengan Provinsi Jambi

• Selatan berbatasan dengan Provinsi Lampung

• Timur berbatasan dengan Provinsi Bangka Belitung

• Barat berbatasan dengan Provinsi Bengkulu


Demografi

Berdasarkan catatan di Dinas sampai dengan bulan September 2006, penduduk di Provinsi Sumatera Selatan berjumlah 6,6 juta jiwa, Sebagian besar penduduk berprofesi sebagai petani (perkebunan manupun tanaman bahan makanan). Tingkat kesejahteraan penduduk yang tercermin melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tercatat sebesar 66,00 atau berada pada rangking 16 dari seluruh Provinsi di Indonesia. IPM tertinggi terdapat di Kota Palembang, yaitu sebesar 71,20 dan terendah di Kabupaten Musi Rawas, sebesar 62,00. Dari sisi ketenagakerjaan, sebagian besar penduduk Provinsi Sumatera Selatan (63,53 persen) bekerja di sektor pertanian, terutama sub sektor tanaman bahan makanan dan sub sektor perkebunan. Sementara itu, angka pengangguran berada pada kisaran 9-10 persen.


Sejarah

Provinsi Sumatera Selatan sejak berabad yang lalu dikenal juga dengan sebutan Bumi Sriwijaya; pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi wilayah ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara. Gaung dan pengaruhnya bahkan sampai ke Madagaskar di Benua Afrika.

Sejak abad ke-13 sampai abad ke-14, wilayah ini berada di bawah kekuasaan Majapahit. Selanjutnya wilayah ini pernah menjadi daerah tak bertuan dan bersarangnya bajak laut dari Mancanegara terutama dari negeri China.

Pada awal abad ke-15 berdirilah Kesultanan Palembang yang berkuasa sampai datangnya Kolonialisme Barat, lalu disusul oleh Jepang. Ketika masih berjaya, kerajaan Sriwijaya juga menjadikan Palembang sebagai Kota Kerajaan.

Menurut Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan pada 1926 menyebutkan, pemukiman yang bernama Sriwijaya itu didirikan pada tanggal 17 Juni 683 Masehi. Tanggal tersebut kemudian menjadi hari jadi Kota Palembang yang diperingati setiap tahunnya..


Sosial Budaya

Pada umumnya penduduk Sumatera Selatan sangat hormat kepada para tamu dan pengunjung yang berasal dari daerah lain. Gaya hidup mereka sangat dipengaruhi oleh era modernisasi. Sebagian besar penduduk sangat terbuka dalam perilaku mereka terutama dengan aspek positif serta menyambut baik reformasi dan inovasi terutama yang berkaitan dengan konsep pembangunan.

Bahasa daerah yang digunakan di Sumatra selatan dalam komunikasi sehari-hari antar warga umumnya adalah Bahasa Palembang. Sementara itu suku asli yang mendiami sebagian besar wilayah Sumatra Selatan adalah :

a) Suku Palembang b) Suku kubu c) Suku ogan d) Suku komering e) Suku ranau f) Suku pasemah

Lagu daerah

Kambanglah bungo, dek sangke

Tarian tradisional

Tari tanggai, Tari Kipas, Tari Puteri Bekusek Tari Joget Lambak,

Senjata tradisional

keris

Rumah tradisional

Rumah limas

Alat musik tradisional

akordion, gendang

Makanan khas

Pempek Palembang, Tekwan, Barego Otak – otak,


Potensi Daerah

Pertambangan

Beberapa hasil pertambangan pada Provinsi Sumatera Selatan adalah

a) Minyak Bumi

• Cadangan sebesar 705 MMSTB atau setara dengan 9,8 % cadangan minyak bumi nasional.

• Cadangan terbesar dijumpai di Kabupaten Muara enim dan Musi Banyuasin (MUBA)

b) Gas Bumi

• Cadangan gas bumi sebesar 7.235 BSCF atau setara dengan 7,01% cadangan gas nasional.

• Cadangan terbesar terdapat di MUBA dan Musi Rawas (MURA)

c) Batubara

• Cadangan sebesar 18,13 milyar ton atau setara dengan 34 % cadangan batu bara nasional.

• Cadangan terbesar dijumpai di Kabupaten Muara Enim dan Musi Banyuasin (MUBA)

Perkebunan

Komoditas perkebunan yang sangat dominan adalah Karet dan Kelapa Sawit, Selain itu, kopi juga banyak dibudidayakan terutama di daerah Pagaralam.

Pariwisata

Objek wisata yang terkenal di Provinsi Sumatera Selatan adalah Danau Ranau, Sungai Musi, Air Terjun Lematang, Danau Teluk Gelam dan masih banyak yang lain.


Wilayah

Secara administratif Provinsi Sumatera Selatan terdiri dari 10 (sepuluh) Pemerintah Kabupaten dan 4 (empat) Pemerintah Kota

Pesantren

Pesantren di Propinsi Sumatera Selatan


Pengurus Nahdlatul Ulama

Pengurus NU di Propinsi Sumatera Selatan


Tokoh

Sumber : • http://hendragalaag.blogspot.comhttp://www.bi.go.idhttp://www.sumselprov.go.idhttp://ujp.ucoz.com

Personal tools
Namespaces

Variants
Actions
Navigation
Toolbox